About Me

Foto Saya
I'm Medina Savira. I'm a part of SMPN 5 Bandung 2013 I'm participant of TUNZA 2011. I have written 7 books for KKPK & PBC serial. Enjoy my blog! :-)

Minggu, 08 Januari 2012

Masuk Sekolah

Hai Teman-Teman! Besok, 9 Januari 2012 Dina udah mulai masuk sekolah lagi, nih. Ada enaknya, ada enggaknya juga sih. Enaknya, jadi bisa ketemu temen-temen di sekolah. Enggak enaknya, yaa... Kembali ke aktivitas seperti biasa yang sangat melelahkan.

Nah, kalau udah masuk sekolah Dina pasti banyak tugas & ulangan *_* Dina juga bakal lebih sibuk (Cieee, hahaha) karena aktif sebagai pengurus OSIS PK masa bhakti 2011-2012 di SMPN 5 Bandung. Makanya Dina bakal jarang ngeblog nih! Maaf ya semuanyaa :-(

Kalau mau tau aktivitasku dan mau komunikasi denganku (Hahaha pede abis!) kalian bisa buka twitterku

Terima kasih dan sampai jumpa di posting berikutnya! :-D (Entah kapan aku akan nulis post lagi)

Senin, 02 Januari 2012

Konferensi Penulis Cilik Indonesia 2011 - Day 3 (Part 2)

Jakarta, 25 November 2011
Dari jam setengah lima sore sampai jam tujuh malam, seluruh peserta KPCI 2011 boleh beristirahat dulu. Aku, Kak Dienda, dan Kak Yunda (Kak Rizky kalau tidak salah nyusul ke hotelnya) beristirahat sejenak. Lalu, kita mandi dan shalat. Barulah kita menuju lantai 2, tempat berlangsungnya acara. Tetapi, sebelumnya kita makan malam dulu.

Acara pada malam itu adalah Malam Keakraban. Waktunya masing-masing kelompok menampilkan yel-yelnya. Dengan percaya diri, aku memimpin kelompokku. Setelah itu, ada beberapa permainan juga. Masing-masing kelompok harus meniup balon yang dibawa. Aku enggak bisa meniup balon lho >_< Oh iya, saat perjalanan pulang dari Gedung Kementrian Pendidikan Nasional menuju Hotel Grand Menteng, masing-masing penanggung jawab di bisnya memberikan seluruh peserta KPCI 2011 sebuah amplop. Amplop itu harus diisi kesan dan pesan kita selama KPCI 2011. Di depan amplopnya harus dituliskan alamat lengkap kita. Amplop itu dikumpulkan sebelum acara Malam Keakraban dimulai. Ternyata, masing-masing peserta harus mengambil satu amplop (secara acak atau random) dan diserahkan ke pemiliknya. Kebetulan, aku, Kak Dienda, dan Kak Yunda tidak mendapat amplop karena ada beberapa peserta yang lupa membawa amplopnya. Esensi dari permainan ini adalah seberapa jauh kita mengenal teman-teman baru kita di KPCI 2011. Aku mendapat amplopku dari Salsabiila Roihanah, kebetulan aku memang lumayan dekat sama Salsa. Hihihi... Oh iya, ini beberapa fotoku ketika sedang Malam Keakraban.






Kelompok yang memenangkan lomba yel-yel adalah kelompok 5 dan kelompoknya Kak Rizky. Yel-yel mereka keren banget lho...

Di akhir acara, seluruh peserta KPCI 2011 boleh memilih satu kado. Ya, kita memang disuruh bawa kado dan kado itu dikumpulkan terlebih dahulu sebelum acara dimulai. Aku mendapat tempat pensil bergambar mickey mouse yang ternyata di dalamnya ada sebuah pulpen yang lucu! :D

Setelah acara pembagian kado, dilanjutkan dengan penyelesaian administrasi dan pembagian piagam.

Aku enggak ikut acara di esok hari, karena penulis Pink Berry Club sudah diizinkan untuk pulang. Lagipula, besok itu enggak ada acara apa-apa. Aku pun menginap di rumah Kak Dienda bersama ibuku.
Alhamdulillah, akhirnya acara KPCI 2011 selesai. Thanks for everything. Unforgettable moment!
CERDAS, KREATIF, AKU BISA!

NB : Buat kalian yang masih penasaran dengan kegiatannya bisa nonton video KPCI 2011 lho...

Konferensi Penulis Cilik Indonesia 2011 - Day 3 (Part 1)

Jakarta, 25 November 2011
Akhirnya hari yang kutunggu-tunggu ini tiba! Hari ini adalah acara Konferensi Penulis Cilik Indonesia 2011, di Kementrian Pendidikan Nasional. Sebelum kita berangkat, tentunya kita harus sarapan dulu dong! Soalnya acaranya enggak sebentar.. Aku sarapan bareng Kak Yunda. Kak Dienda dan Kak Rizky enggak tidur di hotel. Sayang banget ya.. :-(

Selagi sarapan, banyak peserta lain yang minta tanda tangan. Hihi.. Jadi kegeeran nih! :p Aku dan Kak Yunda dengan senang hati memberikan tanda tangan.

Sebelum memulai KPCI 2011, kita ada persiapannya dulu. Sama seperti yang sudah diajarkan tadi malam. Lalu, agar kita lebih bersemangat kita nyanyi theme song KKPK dulu. Setelah menyanyikan theme song KKPK, ada beberapa sambutan untuk acara KPCI 2011.

Dag..Dig..Dug.. Sekarang saat-saat yang mendebarkan! Karena akan ada pengumuman penghargaan untuk penulis cilik KKPK ; Penulis Cilik KKPK Terbaik, Penulis Cilik KKPK Paling Produktif, Penulis Cilik KKPK Termuda, Penulis Cilik KKPK Best Seller, Penulis Cilik KKPK Terfavorit, dan Penulis Cilik KKPK Pendatang Baru Terbaik.
Kak Rama mulai membacakan sinopsis ceritanya
“Gempa Tasikmalaya...,” AAAH! Itu kan cerita Ice Cream for Share, karanganku. Btw, kalian sudah baca belum? :p
Kak Dienda dan Kak Yunda mulai melirik ke arahku. Begitu pula dengan para peserta KPCI 2011 yang lain. Dan, beberapa media yang memang bertugas untuk meliput acara KPCI 2011 mulai mendekatiku. Akhirnya, Kak Rama pun menyebutkan namaku “Medina Savira sebagai Penulis Cilik KKPK Terfavorit 2011!” Alhamdulillah... Terima kasih ya Allah.


Penghargaan-penghargaan lainnya mulai dibacakan. Gelar penulis cilik KKPK Terproduktif dan Best Seller diraih oleh Wanda Amyra Mayshara. Gelar penulis cilik KKPK Terbaik diraih oleh Muthia Fadhila Khairunnisa. Kebetulan dua penghargaan lainnya, penulisnya tidak dapat menghadiri KPCI 2011.

Dilanjutkan dengan acara pelantikan ketua KPCI 2011 Terpilih, yaitu Rahmi.
Para peserta KPCI 2011 juga dikenalkan komik KKPK dan talkshow tentang cara mudah bikin komik. Setelah itu, peserta perempuan makan terlebih dahulu. Karena, peserta laki-laki harus shalat Jum’at terlebih dahulu.

Acara pun dilanjutkan kembali. Bapak Prof.Dr.H.Muhammad Nuh, DEA mulai memasuki ruangan. Para peserta KPCI 2011 dipersilakan untuk berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh Thia.

Ada laporan dari ketua penyelenggara terlebih dahulu sebelum Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memberikan sambutan. Setelah Bapak Muhammad Nuh memberikan sambutan, 2 perwakilan penulis cilik KKPK memberikan bingkisan berupa buku KKPK. Alhamdulillah, ada buku KKPK Sassy dan Surat Misterius karanganku. Aku pun dipanggil untuk naik ke atas panggung. Senangnya.. Terima kasih ya Allah.

Nah, sekarang giliran Rahmi beraksi. Ia membacakan Deklarasi Hasil KPCI 2011. Setelah itu, dilanjutkan dengan Penganugerahan Piala Apresiasi Sastra Indonesia Bagi Penulis Cilik. Luar biasa! (Y)

Bapak Muhammad Nuh meninggalkan ruangan. Sekarang waktunya hiburan! Ada dua tarian daerah yang ditampilkan. Pertama, tarian daerah Tong Bana oleh SDSN Kebayoran Lama Selatan 11 Pagi. Kedua, tarian daerah Saman oleh SDN Kramat Pela 13 Pagi Kebayoran Baru. Keren banget, lho!
Peserta KPCI 2011 juga tidak mau kalah untuk acara hiburan. Kak Rizky menyanyikan lagu Laskar Pelangi dan Beraksi. Lalu, Thia memainkan piano dengan lagu Heal The World dan satu lagu lainnya. Selain bisa menulis, bisa dalam bidang musik juga ya Kak Rizky dan Thia! Hihihi...

Sebelum kembali ke hotel, seluruh peserta berfoto bersama dulu

Alhamdulillah, acara KPCI 2011 berlangsung dengan lancar. Kini, waktunya kembali ke hotel...

Konferensi Penulis Cilik Indonesia 2011 - Day 2 (Part 2)

Jakarta, 24 November 2011

Jam 1 siang, kita akan berjalan-jalan, nih. Kita akan berkunjung ke MNC TV dan ke TMII. Aku tidak sebis dengan Kak Dienda dan Kak Rizky. Aku di bis 2. Tapi, aku lupa Kak Dienda dan Kak Rizky ada di bis berapa. Hehehe...

Selama perjalanan, aku dan teman-teman di bis 2 membuat yel-yel. Masing-masing kelompok bis memang disuruh membuat yel-yel untuk dilombakan di esok hari. Aku sebagai ketua kelompok bis 2 (hehehe, aku senang sekali lho ketika dipercaya jadi ketua;p) memandu teman-temanku yang lain untuk membuat yel-yel. Dibantu juga oleh Thia, untuk membuat pantunnya. Nama kelompok bis 2 adalah kelompok PELANGI.

Sebelum masuk ke MNC TV, kelompok Pelangi harus menampilkan yel-yelnya. Aduh, malu sekali! Tapi, tetap percaya diri dan semangat dong seperti slogan KPCI 2011 ; Cerdas, Kreatif, Aku Bisa!

Di MNC TV, kita boleh melihat-lihat ke studio yang sedang siaran. Kita juga dijelaskan bagaimana sebuah proses acara bisa terlaksana. Keren deh! Oh iya, Kak Yunda bergabung dengan peserta yang lain ketika kita tiba di MNC TV. Untungnya, Kak Yunda masuk ke kelompokku. Hihihi :p

Aku juga menyempatkan diri untuk berfoto di sana, hihihi.

Kita melanjutkan kunjungan ke TMII. Tapi, kita enggak turun dari bis. Hanya berkeliling menggunakan bis. Lagipula, ada peserta KPCI 2011 yang memang terlihat capek (termasuk aku! :p)
Akhirnya kita tiba di hotel sekitar pukul setengah enam. Aku dan Kak Yunda segera bergegas ke kamar. Tapi, sebelumnya Kak Yunda registrasi dulu. Kak Dienda dan Kak Rizky belum tiba di hotel.

Sebelum memasuki acara persiapan KPCI 2011, tentunya seluruh peserta makan malam terlebih dahulu. Nah, baru deh kita mulai acara persiapan KPCI 2011. Tentunya kita harus rapi dan tertib dong, karena besok akan bertemu dengan Bapak Muhammad Nuh, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional. Kita harus duduk dengan baik, tidak boleh mengobrol, pandangan ke depan, dan yang paling penting jangan mengaktifkan handphone. Ini dilakukan untuk melatih tanggung jawab kita juga, Teman-Teman...

Sekitar jam setengah sembilan malam, seluruh peserta KPCI 2011 kelas 1-3 dan kelas 6 sudah diperbolehkan beristirahat di kamarnya masing-masing. Sedangkan, para penulis Pink Berry Club dan peserta KPCI 2011 kelas 4 & 5 harus tetap tinggal di ruangan. Kita harus merancang isi deklarasi KPCI 2011 dan menentukan calon ketua KPCI 2011.

Aku, Kak Dienda, Kak Rizky, dan Kak Yunda disebar ke 4 fraksi (kelompok). Aku ada di fraksi pertama mengenai Pemerintah. Kak Dienda di fraksi kedua mengenai Guru (Sekolah). Kak Yunda kalau enggak salah di fraksi ketiga mengenai keluarga. Kak Rizky di fraksi keempat mengenai Lingkungan. Masing-masing fraksi harus menghasilkan dua point deklarasi. Jadi, nanti akan dirundingkan lagi oleh kakak-kakak dari penerbit Mizan. Point-point tersebut rencananya akan disaring jadi 5 point.
Setelah merundingkan point-point untuk deklarasi KPCI 2011, kita mencalonkan ketua KPCI dari masing-masing fraksi. Ketua KPCI 2011 ini memang harus duduk di kelas 4 atau kelas 5. Calon dari kelompokku adalah Alifia. Calon lainnya ada Tata, Rahmi, dan Lavinia. Kita lihat besok ya, kira-kira siapa yang akan terpilih jadi ketua KPCI 2011.
Hari yang melelahkan!

Konferensi Penulis Cilik Indonesia 2011 - Day 2 (Part 1)

Jakarta, 24 November 2011
Pagi-pagi sekali aku sudah bangun. Aku segera bersiap-siap untuk acara hari ini. Kak Dienda bercerita bahwa tadi malam ia susah tidur. Padahal, aku tidur nyenyak sekali lho! Hihihi... Mmm, tapi Kak Rizky enggak tidur di hotel. Soalnya ada latihan drama musikal gitu..

Sebelum kita memulai acara, tentunya kita sarapan dulu. Nah, baru sekitar jam delapan, kita mulai acara. Acara pertama adalah Materi Pendidikan Karakter. Narasumbernya Ibu Dewi Utama Fayzah. Beliau bercerita tentang pengalamannya. Beliau juga menunjukkan beberapa video tentang orang-orang ternama di dunia. Seperti Helen Keller, ia memiliki kekurangan tetapi menjadi salah satu orang yang berpengaruh di dunia. Seusai video diputar, peserta KPCI 2011 diberikan kesempatan untuk berkomentar mengenai video tersebut. Aku pun memberanikan diri untuk memberi komentar. Ini dia fotonya...


Jam setengah sepuluh Materi Pendidikan Karakter pun selesai. Kita berfoto dulu bersama Ibu Dewi Utama Fayzah. Kita berfoto sambil memperlihatkan gelang KPCI 2011, warnanya oranye. Gelang ini dibagikan saat acara tadi malam bersama kaos dan tasnya juga.

Diselingi coffee break sebentar, kita langsung lanjut ke acara berikutnya yaitu Creative Writing For Children. Narasumbernya Kak Arleen, ia penulis yang bukunya sudah lebih dari 200 buku, lho! Keren ya... Aku sangat termotivasi dengan materi yang diberikan Kak Arleen. Semoga saja nanti aku bisa seperti beliau, amin...

Nah, sekarang giliranku, Kak Dienda, dan Kak Rizky maju ke depan sebagai narasumber (Cieee!). Sebagai penulis Pink Berry Club kita disuruh sharing dengan para penulis cilik KKPK agar mereka termotivasi. Sayangnya, Opiq, Kak Yunda, dan Alya belum datang ke Hotel Grand Menteng. Jadi, aku hanya bertiga bersama Kak Dienda dan Kak Rizky. Oh iya, tentunya bersama editor PBC yang lucu bangettt yaitu Kak Mahdi! Hihihi... Kita tanya jawab dan cerita mengenai pengalaman kita. Asyik banget! Ini salah satu fotonya

Waktu sudah menunjukkan jam 12 siang. Peserta pun mendapatkan waktu Ishoma. Kita lanjutkan di post selanjutnya ya! :)

Konferensi Penulis Cilik Indonesia 2011 - Day 1

Bandung, 23 November 2011
Yippie! Hari ini aku akan berangkat ke Jakarta. Ya, aku akan menghadiri acara Konferensi Penulis Cilik Indonesia 2011. Aku sudah menunggu acara ini jauh-jauh hari, lho...
Aku memang sudah SMP dan faktanya anak SMP enggak diizinkan untuk ikut acara KPCI 2011. Tetapi, Alhamdulillah aku adalah salah satu enam dari penulis Pink Berry Club yang terpilih untuk ikut acara KPCI 2011. 5 orang lainnya adalah Kak Dienda Sarteka, Kak Ayunda Nisa Chaira, Kak Rizky Nur Fajri, Alya Nabila, dan Taufiq Murtadho.
Karena acara KPCI 2011 ini menginap (23-26 November 2011) aku harus izin sekolah. Kebetulan, dari tanggal 24-26 November 2011, di sekolahku ada tes direktorat (Karena sekolahku RSBI). Aku pun terpaksa ikut susulannya setelah acara KPCI 2011.
Sekitar jam dua belas siang, aku dan ibuku berangkat ke Jakarta menggunakan travel. Kakakku tidak ikut, ada uaku datang untuk menemaninya di rumah. Sedangkan, ayahku memang bekerja di Jakarta.
KPCI 2011, here I come!

Jakarta, 23 November 2011
Sekitar jam empat sore, Alhamdulillah aku sudah tiba di lokasi, Hotel Grand Menteng. Di lobby penuh sekaliiii! Banyak anak-anak yang sepertinya memang salah satu peserta KPCI 2011. Aku juga ngerasa banyak diliatin sama anak-anak yang lain (geer mode on). Aku berhasil menemukan Kak Dienda. Aku memang dekat dengan Kak Dienda. Setelah aku registrasi, aku mengurus kamar dengan Ka Rista. Untunglah, aku bisa sekamar dengan Kak Dienda dan Kak Rizky. Kita kan ngebujuk dulu... Hehehe.
Setelah mendapat kamar, kita bertiga (Aku, Kak Dienda, dan Kak Rizky) bergegas kamar. Tapi, kita harus sabar menunggu liftnya. Maklumlah, peserta KPCI 2011 ini kan banyak sekali!
Akhirnya setelah tiba di kamar, aku berisitirahat sejenak. Aku juga mandi dulu karena akan ada acara dinner dan Pembukaan Ajang Kreativitas Siswa dan Konferensi Penulis Cilik Indonesia 2011.
Ishoma (Istirahat, Shalat, Makan) acaranya dari jam 5 sampai jam 7. Setelah Ishoma dilanjutkan dengan acara Pembukaan Ajang Kreativitas Siswa dan Konferensi Penulis Cilik Indonesia 2011. Aku tidak ingat persis pembukaannya seperti apa.. Hihi maaf ya, Teman-Teman.


Nah, seluruh peserta KPCI 2011 baru boleh kembali ke kamar sekitar pukul sembilan malam.
Enggak sabar nih untuk acara esok hari!

WELCOME 2012!

Wah, enggak kerasa ya sekarang udah memasuki tahun 2012!
Semoga di tahun ini, semuanya jadi lebih baik dari segalanya ya. Amin..

GOODBYE 2011, WELCOME 2012!